Cara Memperbaiki Masalah Kecepatan (eksperimental) Di Webmasters Tools

  • 2 menit durasi baca
  • 06 Apr, 2020
laporan kecepatan eksperimental mobile webmasters tools

Hari ini disibukan dengan memperbaiki masalah kecepatan situs untuk halaman amp dimana pagi tadi saya cek ada laporan peringatan Google Webmasters Tools pada menu Kecepatan (eksperimental) bahwa terdapat 14 tautan konten di website saya yang memiliki skor kecepatan sedang / di bawah angka 90 skor PageSpeed Insight khusus untuk laman amp saja.
Walaupun biasanya peringatan di search console tingkat sedang (warna kuning) merupakan sebatas saran perbaikan yang beda jika warna merah bersifat wajib. Namun fakta real SERP mobile niche keyword sedang/menjadi target konten website saya tidak stabil posisi dan cenderung ditempatkan pada ranking buruk tidak strategis untuk di klik pengguna.

Tentu saja hal semacam ini membuat saya cukup frustasi dimana untuk kecepatan halaman mobile dan desktop (non-amp) sudah sempurna semua setelah banyak melakukan upaya optimasi speed website. Lalu tiba-tiba muncul problem baru yang itu terdapat di halaman amp yang pasti cara mengatasinya akan sangat sulit mengingat kode javascript, css dan html amp terlalu komplek dan rumit.
Akan tetapi pada prinsipnya, penting skor PSI harus hijau setidaknya diangka 90+ kalau untuk 100 memang kemungkinan tidak bisa. Dan inilah patokan saya untuk memperbaiki masalah kecepatan halaman amp agar menjadi cepat. Berikut step by step yang saya lakukan untuk mengatasi permasalahan ini yang mungkin juga akan berguna bagi kalian yang memiliki problem serupa dengan saya;

3 Cara Termudah Mempercepat Loading Website AMP

(1). Pertama kali yang banyak saya lakukan ialah dengan mengurangi berbagai kode tidak digunakan dan tidak penting menyebabkan render blocking seperti css, javascript, font baik internal maupun sumber pihak ketiga (sebagian tidak menghapus melainkan memanfaatkan minify code, trik preload dan cache) lalu tidak ketinggalan mengurangi jumlah iklan yang tayang. Persis seperti optimasi halaman biasa apa yang terdapat di laporan . Soal ukuran gambar di amp jarang sebabkan masalah kecepatan kecuali dimensinya namun mengompres size gambar atau membuat lazy preloading pun itu baik.

(2). Langkah berikutnya, adalah dengan meminimalisir apapub yang tampil di bagian above the fold atau visible content apa itu? Ialah 40% konten paruh atas yang terlihat di layar dimana browser dan googlebot merender situs kita dimulai dari paling atas ke bawah. Artinya apapun yang ada di bagian atas situs kita, itu dapat mempengaruhi laporan First Contentful Paint (FCP) dan First Meaningful Paint.

(3). Dan terakhir saya memutuskan membuang widget sidebar dan footer berisi menu pos-pos terbaru, category, related post, banner dsb. Kemudian mengganti button share artikel yang lebih ramah.

Dengan melakukan tiga hal tersebut dari yang tadinya skor kecepatan website saya 86 (first-time check) kini sudah naik menyadi 93 (hijau). Ini sudah lebih dari cukup untuk saya bisa melakukan konfirmasi perbaikan masalah kecepatan situs mobile di webmasters tools dan tentu saja dikemudian hari tidak akan ada lagi peringatan semacam ini muncul.
Lalu harapannya setelah dilakukan perbaikan ranking penelusuran mobile website saya pun segera stabil di halaman pertama dan bahkan naik posisi #1 google untuk niche keyword content bidikan, aminn…

Ini merupakan kasus pada Website WordPress AMP custom. jika situs Anda non-AMP maka cara memperbaikinya jauh lebih mudah tidak sekomplek dan serumit blog dengan template amp.

Demikian cerita blogging hari ini tentang masalah accelerated mobile pages yang seharusnya dengan amp solusi website cepat namun nyatanya plugin amp custom yang saya gunakan untuk wordpress terdapat banyak masalah. Semoga ada yang bisa berguna bagi Anda. Terima kasih sudah berkunjung.
Salam. 🙏