Cara Membatasi Post Revision WordPress Melalui wp-config.php

  • 2 menit durasi baca
  • 22 Mar, 2020
wp post revision

Post revision sering kali jadi salah satu tersangka penyebab loading blog wordpress menjadi lambat dimuat. Terutama pada blog dengan jumlah konten sudah ribuan dan sering dilakukan edit post yang sudah terbit termasuk edit artikel tersimpan pada konsep.
Prinsipnya revisi posting dia adalah salinan dari artikel asli yang sedang atau kini telah tayang di blog. Jadi matematikanya jika satu postingan telah diedit sebanyak 3x maka database menyimpan 4 artikel yang hampir sama untuk 1 postingan. Sekarang mari bayangkan jika kita memiliki seribu postingan masing-masing telah 2x pernah direvisi maka didalam database (phpmyadmin) tersimpan sebanyak 2000 query. jelas itu memakan ruang penyimpanan cukup signifikan dan seringkali menjadi beban load ketika server melayani request query dari pengguna situs apalagi kalau hosting kita gunakan disk space kecil, auto down.

Solusi Mengatasi Post Revision WordPress

So, ada banyak plugin tersedia untuk atasi semua itu baik menghapus maupun mencegah revisi post menumpuk di database wordpress. Namun disini saya tidak mengusik tentang cara mengatasi query yang terlanjur bengkak, melainkan berbagi solusi mencegah problem ini terulang dikemudian hari.
Adapun cara saya mengatasi hal yang menjengkelkan ini ialah dengan memasukan define(‘WP_POST_REVISIONS’, false); kedalam file wp-config.php tepat dibawah ‘WP_DEBUG’ atau persis diatas ‘ABSPATH’ dan jika Anda hanya ingin membatasi saja tidak menghentikan maka bisa dengan define(‘WP_POST_REVISIONS’, 10); angka 10 merupakan batasan berapa revisi ingin wp Anda simpan. Untuk penempatan kode bisa lihat tanda dilingkari pada gambar diatas.

Dengan demikian kedepan WP engine kita berhenti dari hobi ngumpulin sampah di database. Tapi apakah kamu juga mengalami problem serupa seperti saya?
Jika iya, silahkan dicoba cara simpel nan efektif mengatasi atau lebih tepatnya menghentikan penumpukan post revision di wordpress ini.

Hapus Revisi Pos Dengan Plugin

Kelihatanya lebih mudah menggunakan plugin saja? Maka perlu diingan pemasangan plugin menyebabkan beban server juga bertambah besar belum lagi belakangan waktu banyak kasus blog kena retas hacker yang dapat celah / memanfaatkan bug plugin jadi tetap lebih aman serta mudah dengan cara saya ini. Hindari pemasangan plugin tidak penting apapun nama plugin tersebut apalagi bila bisa / memiliki izin untuk mengakses database untuk melakukan modifikasi, menambah maupun menghapus isi dari table mysql!

Semoga bermanfaat, maaf jika singkat dan kurang jelas informasi diberikan. Anda bisa diskusi bareng kami bahas seputar blogging di situs www.posting.id
Salam. 🙏